Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Diretas Atau Dihack orang


Saat ini rasanya sangat tepat bila saya mengatakan semua orang pasti memiliki akun di media sosial Facebook. Entah akun itu terpakai atau tidak yang penting punya akun agar dibilang gaul dan tidak ketinggalan jaman. Bahkan ada juga 1 orang yang memiliki akun di Facebook lebih dari 5 dengan alasan dan tujuan yang kurang saya mengerti.

Facebook saat ini masih masuk dalam jajaran sosial media raksasa yang jumlah penggunanya terus bertambah. Kemudahan dalam berkomunikasi, berbagi informasi dan mencari teman baru menjadikan peminat facebook kian bertambah. Bukan hanya itu saja yang menjadikan pengguna media sosial ini terus bertambah, beberapa orang dengan sengaja membuat akun di facebook dengan tujuan untuk berjualan melalui fitur Facebook marketplace atau melalui group yang bisa dibuat oleh siapa saja secara gratis.

Namun taukah anda kalau dibalik semua itu ada bahaya yang mengancam akun anda ?? Akun anda terancam oleh orang-orang jahil yang sedang mengintai akifitas anda saat membuka situs media sosial. Tujuan mereka hanya satu, mendapatkan data mengenai email dan password yang anda miliki di facebook.

Kalau sampai data tersebut sudah jatuh ditangan orang yang jahil apa yang akan terjadi ? Bisa saja akun anda digunakan untuk melakukan penipuan, menyebarkan fitnah menggunakan akun milik anda, mendapatkan uang puluhan juta melalui facebook dan lain sebagainya.

Kenapa Akun Facebook Bisa Dibobol Orang ?

Pernah suatu hari akun teman saya memposting status yang isinya sangat tidak pantas untuk dipublikasikan. Reaksi dari teman-temanya ada yang terprovokasi dengan membalas cacian, ada yang hanya memberikan icon dan ada juga yang meyakini kalau akun tersebut telah dibobol oleh orang. Ternyata hal itu benar, tidak lama berselang, si pemilik akun yang tidak bisa saya sebutkan namanya melakukan broadcast di BBM kalau akun facebook miliknya telah di hack oleh orang.

Dari mana sih orang jahil bisa tau email dan password yang kita gunakan untuk login di facebook ? Ada banyak sekali cara yang mereka gunakan. Namun yang paling sering menjadi penyebab akun facebook dibobol atau di hack orang dari password yang kita gunakan terlalu mudah untuk ditebak. Misalnya saja menggunakan password dengan tempat kita tinggal, alamat rumah kita, no.hape, nama pacar dan lainya.

Penyebab kedua akun facebook bisa dibajak orang atau diretas biasanya karena kita lupa logout saat membuka facebook dari komputer atau hape orang lain. Memang lupa itu manusiawi tapi sebaiknya untuk urusan yang satu ini jangan sampai lupa, karena akibatnya bisa sangat fatal.

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dibobol atau Hack Orang ?

Ulasan diatas sudah saya jelaskan sedikit mengenai hal apa saja yang menyebabkan akun kita di retas orang dan dampak apa yang akan terjadi bila akun kita jatuh ditangan orang yang salah. Untuk anda atau siapa saja yang merasa akunya telah diretas tidak perlu panik, disini akan saya jelaskan bagaimana cara mudah mengembalikan akun facebook yang diretas atau dibobol oleh orang tak bertanggung jawab.


Step 1 : Kunjungi Pusat Bantuan Facebook

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk mengembalikan akun facebook yang di hack orang dengan mengunjungi pusat bantuan di https://www.facebook.com/help untuk melaporkan ke pihak tim facebook. Coba anda perhatikan pada bagian tab atas. Cari dan arahkan kursor mouse ke tulisan "Privacy and Safety" dan klik tulisan "Hacked and Fake". Apabila bingun silahkan lihat gambar diatas


Step 2 : Segera Amankan Akun


Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah cari dan klik tulisan "I think my account was hacked or someone is using it without my permission" dan klik juga tulisan "secure your account". Silahkan dlihat gambarnya bila bingung. Setelah itu anda klik tulisan "My Account Is Compromised" dan akan dibawa menuju halaman yang meminta anda untuk memasukan email atau nomo telpon yang anda gunakan pada akun facebook yang dibobol orang.


Pertama coba terlebih dahulu memasukan email apabila belum bisa gunakanlah nomor telpon yang anda gunakan saat membuat akun di sosial media facebook. Lihat gambar diatas biar lebih paham.

Step 3 : Masukan Email Dan Password Lama Anda


Tahap berikutnya anda diminta untuk memasukan alamat email dan password lama yang anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi apakah anda benar-benar pemilik akun yang sah. Setelah semuanya terisi, klik tombol continue yang berwarna biru.

Step 4 : Masukan Password Lama Dan Baru

Setelah langkah ketiga berhasil anda lewati, selanjutnya anda akan dibawa kehalaman yang mengharuskan anda memasaukan password lagi. Pada kolom Current isikan password lama anda, pada kolom New isikan password baru anda dan pada kolom Retype new tulis kembali password baru anda yang anda isikan di kolom New.

4 langkah diatas sudah anda lewati dan sekarang selamat ya akun facebook yang dibobol orang sudah kembali lagi ketangan anda sebagai pemilik yang sah. Sebagai tips saja, buatlah password yang sulit untuk ditebak orang dan bedakan password untuk setiap akun media sosial yang anda punya.

Untuk membuat password yang susah ditebak, anda bisa membuatnya cara online di https://passwordsgenerator.net/  catat dan simpan password tersebut ditempat yang menurut anda aman.

Artikel ini sudah membahas Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Diretas Atau Dihack orang secara detail dan lengkap, semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang bingung untuk mengembalikan akun facebook yang dibobol orang.

No comments:

Powered by Blogger.