Step by Step : Cara Riset Keyword / Kata Kunci Yang Unik dan Jitu


Sebelum memulai menuliskan artikel, anda diwajibkan untuk memilih beberapa kata kunci atau keyword yang tepat dan relevan. Hal ini sangat penting dilakukan karena apabila salah dalam memilih bisa jadi artikel yang baru saja anda posting pembacanya sangat sedikit. Kalau artikel tidak ada yang membaca pasti rasanya sangat sedih dan malas untuk menulis artikel lagi.

Namun hal itu tidak akan terjadi pada anda, karena disini akan saya bocorkan bagaimana tricknya untuk melakukan analisa beberapa kata kunci yang tepat sasaran agar artikel yang kamu buat banyak dibaca oleh orang atau pengunjung.

Riset Kata Kunci Atau Riset Keyword Apa Sih ?

Riset kata kunci atau riset keyword adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari beberapa kata kunci yang sesuai dengan topik artikel serta mencari kata kunci yang tingkat persaingan yang rendah di mesin pencari.

Untuk anda yang ingin agar blog ramai pengunjung dari mesin pencari seperti google dan yahoo maka anda sangat diwajibkan untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Sebetulnya bisa saja mendatangkan pengunjung dari mesin pencari tanpa melakukan hal ini, namun dampaknya hasil yang anda peroleh tidak akan maksimal.

Misalnya saja anda saat ini sedang menulis artikel mengenai cara menabung yang unik, maka anda harus bisa melakukan prediksi kira-kira kata kunci apa yang akan dicari oleh orang di mesin pencari mengenai infomasi cara menabung. Apakah orang akan mengetikan di mesin pencari dengan kata kunci cara cerdas menabung, cara menabung agar cepat kaya atau cara menabung setiap hari.

Saya yakin sampai di titik ini pasti anda sudah sangat paham maksud serta tujuan dari melakukan analisis terhadap kata kunci.

Kenali Beragam Jenis Keyword

Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, saya akan ajak anda untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kata kunci yang sudah tidak asing di dunia SEO. Berikut adalah beberpa jenis kata kunci atau keyword tersebut.

1. Short Keyword
2. Long tail Keyword
3. Keyword musiman
4. Keyword Abadi

Mengenai ke empat jenis kata kunci diatas akan saya jelaskan secara gamblang dibawah ini.

1. Short Keyword
Short keyword atau short tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari 1 atau 2 suku kata, contohnya seperti dibawah ini

Smartphone
Harga Smartphone
Smartphone Baru
Smartphone terbaik
Smartphone 2017
dll

Kalau anda masih pemula dalam dunia SEO sebaiknya dan sangat saya anjurkan untuk tidak membidik kata kunci yang satu ini. Karena bisa dipastikan tingkat persaingan sangat ketat serta pesaingya pasti website yang sudah memiliki reputasi tinggi. Kalau anda pensaran dan nekad ingin mencobanya, ya silahkan saja.

2. Long Tail Keyword
Long tail keyword adalah variasi dari short keyword. Biasanya pada long tail keyword terdiri dari 3 suku kata atau lebih. Contohnya seperti dibawah ini

Smartphone murah di ambon
harga smartphone baru dan bekas
Smartphone baru yang paling bagus
Smartphone terbaik artis Indonesia
Smartphone 2017 yang paling canggih

Jenis long tail keyword inilah yang sangat saya rekomendasikan untuk anda yang masih pemula di dunia SEO. Untuk mengoptimasinya tidak terlalu sulit karena tingkat persaingan yang rendah dan ringan. Coba saja terlebih dahulu bebarap long tail keyword yang ada blog anda di optimasi hinnga masuk ke halaman 1 mesin pencari.

Bila banyak yang berhasil, silahkan beranjak untuk optimasi kata kunci pendek yang tingkat persaingan sangat berat.

3. Keyword Musiman
Keyword musiman ialah kata kunci yang ramainya hanya sesaat saja, setelah suatu fenomena atau peristiwa tersebut berlalu maka pencarian pada keyword musiman akanmenurun drastis. Misalnya saja seperti ini

Raja Salman datang ke Indonesia
Pemenang Liga Champion 2015
Juara master chief 2016
dan masih banyak lagi.

Saya rasa tanpa dijelaskan secara detail, anda pasti sudah tau maksdunya dari keyword musiman.

4. Keyword Abadi
Keyword abadi adalah kata kunci yang tidak akan basi dan akan terus menerus dicari oleh orang. Contoh sederhananya seperti di bawah ini

Panduan travelling untuk pemula
Cara sembuhkan panu di pipi
cara mengatasi laptop yang mendadak mati
bagaimana agar tidak jomblo terlalu lama
dll

Cara Riset Kata Kunci / Keyword

Akhirnya kita sampai juga pada bagian yang paling anda tunggu, yaitu bagian cara riset keyword yang akan saya jelaskan secara blak-blakan. Disini saya menggunakan 2 tools andalan, yaitu ubersugest dan keywordrevealer.

Dulu ditahun 2014 saya menggunakan google keyword planner namun sekarang sudah saya tinggalkan, kenapa ?? Karena pada tools tersebut sudah tidak lagi menampilkan tingkat persaingan dan jumlah pecarian dari setiap kata kunci yang akan saya bidik. Beda halnya dengan Keyword Revealer, disana data jumlah persaingan dan jumlah pencarian setiap kata kunci ditampilkan sangat detail.

Apa gunanya Ubersuggest ? Tools ini sendiri saya gunakan untuk mecari variasi kata dari kata kunci utama yang saya bidik atau dengan kata lain ubersuggest ini saya gunakan untuk mencari longtail keyword.

Langkah Awal : Tentukan Kata Kunci Utama

Pertama yang harus anda lakukan ialah tentukan dulu kata kunci apa yang akan dibidik dari artikel yang anda buat. Misalkan saja anda membuat artikel mengenai MotoGP, kata kunci utama yang bisa anda gunakan misalnya seperti info Motogp, rider motogp, berita motogp, dll.

Setelah anda menemukan kata kunci utama, selanjutnya saat bagi anda untuk menemukan kata kunci turunan yang nantinya akan anda masukan didalam artikel yang sudah anda tulis.

Langkah Kedua : Temukan Kata Kunci Turunan

Pada langkah awal diatas anda semua sudah menemukan kata kunci utama, sekarang dari kata kunci tersebut carilah kata kunci turunanya menggunakan ubersuggest. Caranya lihat dibawah ini

1. Kunjungi website https://ubersuggest.io/

2. Masukan kata kunci (misalnya) motogp, pada nomor 1 di pilih "web" dan nomor 2 pilih "Indonesia" kemudian klik "suggest" (silahkan lihat gambar dibawah)



3. Kemudian akan keluar semua kata kunci yang berhubungan dengan "motogp"



4. Pilih kata kunci yang menurut anda bagus dengan mencentang kotak kosong pada bagian kiri


5. Setelah selesai memilih kata kunci, klik tab keywords selected kemudian klik view as text, akan muncul semua kata kunci yang tadi anda pilih.



6. Copy semua kata kunci tersebut, paste ke notepad dan simpan dengan format .txt

Langkah Selanjutnya : Analisa Jumlah Pecarian

Anda sekarang sudah mempunyai longtail keyword dari kata kunci utama, selanjtunya apa yang dilakukan ? Analisalah longtail keyword tersebut menggunakan Keyword revealer untuk menemukan jumlah pecarian. Begini Caranya

1. Kunjungi http://www.keywordrevealer.com/



2. Login kalau sudah punya akun atau register kalau belum punya akun

3. Klik tulisan "import keyword"



4. Masukan semua kata kunci tadi,pilih "google.co.id - Indonesia", klik submit



5. Akan terlihat jumlah pecarian setiap kunci pada kolom "Monthly Searches". Pilih tingkat pencarianya tinggi.




6. Untuk melihat tingkat persaingan, klik tombol "Evaluate" yang ada di kolom Keyword Difficulty.
 

Riset keyword atau riset kata kunci menggunakan Keyword Revealer ini sangat bagus karena laporanya sangat detail. Disana juga disediakan free account atau kamu juga bisa memiliki account pro atau basic dengan biaya mulai $ 9.7/ bulan. Kalau saya sendiri memakai account yang pro karena fiturnya lebih lengkap.

Langkah Terakhir : Eksekusi Keyword Pilihan

Longtail keyword sudah anda dapatkan, data lengkapnya juga sudah anda dapatkan sekarang tinggal anda eksekusi keyword tersebut. Caranya sangat mudah, masukan kata kunci tersebut kedalam artikel anda, tapi perlu anda ingat kata-katanya harus nyambung ya biar enak dibaca. Misalnya saja seperti ini

Halo sobat, sebentar lagi motogp akan mulai tayang nih di televisi pastinya kamu sudah tidak sabarkan untuk melihat rider jagoan kamu beraksi. Sekarang saya mamu membagikan Jadwal motogp 2017 nih biar kamu gak ketinggalan nonton. dst . . . .. .

Dengan sedikit contoh diatas, pastinya anda sudah paham bagaimana caranya memasukan kata kunci pilihan ke dalam artikel dengan kalimat yang enak dibaca. Itulah tips cara riset keyword atau riset kata kunci yang unik dan jitu menggunakan Keyword Revealer dari tim isengnulis, semoga dengan tips ini artikel yang kamu bisa mudah ditemukan dan berada dihalaman pertama mesin pencari.

2 comments:

Powered by Blogger.