Fakta Unik Hari Valentine Di Indonesia Yang Harus Kamu Tau

hari valentine

Hari kasih sayang sebentar lagi tiba. Biasanya, pada hari ini semua orang di dunia berbondong-bondong untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih mereka pada orang terdekat. Budaya Valentine's Day masih lestari hingga saat ini di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Valentine’s Day atau hari kasih sayang menjadi hari yang istimewa dan dirayakan sebagian besar orang di seluruh dunia setiap 14 Februari. Berbagai tradisi dan fakta unik berkembang di masyarakat yang membuat perayaan Valentine semakin menarik dan beragam. Di Indonesia, perayaan valentine's day cukup meriah, tak hanya dirayakan bagi mereka yang sedang berpacaran, namun juga bagi yang sudah berkeluarga. Namanya juga hari kasih sayang, tak melulu untuk pacar, karena ada orang tua, kakak, adik, saudara, teman dan tetangga di sekitar kita. Nah mengenai valentine's day di Indonesia, berikut beberapa fakta uniknya :

1. Banyak penjual dan pembeli coklat

Tak hanya di supermarket dan toko atau cafe khusus coklat yang menjajakan berbagai jenis coklat, namun di Indonesia moment valentine's day bisa mendatangkan keuntungan bagi mereka yang menjadi penjual coklat dadakan dengan berbagai design menarik. Di Indonesia sendiri coklat merupakan salah satu simbol kasih sayang, entah di adopsi darimana namun begitulah kenyataannya, jadi tidak heran ketika mendekati hari kasih sayang banyak yang menjual jenis coklat dan banyaknya permintaan dari pembeli, meskipun menyatakan kasih sayang tidak harus dengan coklat, tapi perayaan setahun sekali ini cukup membuat coklat sebagai salah satu alternatif penyampaian kasih sayang.

2. Bunga

Perempuan mana yang enggak lumer hatinya kalau diberi bunga dari orang terdekatnya, faktanya valentine's day tak hanya melulu dengan coklat namun juga ada bunga sebagai pelengkap dan pemanis disaat perayaan ahri kasih sayang, tak jarang ada yang membeli bunga dan coklat untuk diberikan kepada orang yang mereka cintai. Bunga yang paling dicari pembeli saat valentine's day adalah bunga mawar, apalagi kalo dikasih double yaaa, ya bunga mawar ya bunga bank hmmmm pasti tambah senang.

3. Hampir semua tempat umum membuat event bertemakan valentine's day

Hampir diberbagai tempat umum bertemakan valentine's day dengan hiasan serba berwarna pink dan putih, contoh saja biasanya disalah satu hotel ternama mengadakan event saat valentine's day dengan membayar harga sekian untuk 2 orang untuk mendapakatkan paket makan malam romantis dengan dress code berwarna pink untuk wanita dan putih untuk pria.

4. Mengumbar kemesraan dengan kalimat romantis di social media

Namanya juga era social media moment apapun bisa diposting diberbagai akun, tak terkecuali saat valentine's day. Contoh saja mengupload foto sepasang kekasih yang sedang kasmaran dan tak luput juga kado valentine yang diberi dari kekasih ikut diposting dengan caption so romantic, ya engga apa-apa namanya juga mengekspresikan kebahagiaan wajar saja jika di Indonesia hal seperti itu merebak hhe.

5. Tanggal 14 Februari untuk melamar kekasih

Ciyeee ada yang melingkarkan cincin di jari manis kekasih, ada juga pria yang mengambil moment tersebut di hari valentine, karena banyak pria yang beranggapan, kalau wanita bakalan seneng banget di lamar di hari kasih sayang, enggak dapet coklat enggak masalah, toh dapet cincin sebagai salah satu proses menuju hubungan yang lebih baik kedepannya.

6. Tanggal 14 Februari dijadikan sebagai tanggal pernikahan

Kalau sayang itu bukan ngasih coklat tapi seperangkat alat sholat. Hmmm bagaimana menurut kalian mengenai kalimat itu? setuju ? pastinya banyak yangs etuju yah, siapa sih yang engga mau diajak serius sama pasangannya, tak jarang banyak juga yang memanfaatkan tanggal 14 februari sebagai tanggal pernikahan.

7. Pria yang membeli boneka

Boneka juga menjadi salah satu icon di perayaan valentine's day, ketika mendekati hari perayaan banyak pria yang bingung memilih boneka yang akan dibeli khusus untuk orang yang disayangi, kata mereka (pria-pria diluar sana) boneka bisa menjadi pengobat rindu bagi wanita jika ada waktu tertentu tidak bisa berjumpa dengan kekasihnya, kan bonekanya bisa dipeluk-peluk atau diciumin hahaha lucu ya, ya tapi memang ada kok yang seperti itu.

8. Memberi ucapan tepat pukul 00.00 dini hari pada tangal 14 Februari

Yang lain lagi enak-enaknya tidur, biasanya yang lagi pacaran nungguin dapat telepon dari pacarnya atau menelpon pacarnya hanya untuk sekedar mengucapkan hari kasih sayang tepat pukul 00.00, ada yang kaya gitu? jawabnya jelas ada.

9. Ada juga yang mengambil moment untuk menyatakan cinta

Yang lagi PDKT juga memanfaatkan valentine's day untuk menyatakan cinta, ciyeee biar gampang di inget kalau pas anniversary katanya. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari teman-teman yan sudah malang melintang di dunia percintaan, 80% cinta kamu akan diterima kalau kamu nyatakan di hari valentine. Disaat menyatakan cinta di hari valentine, sebaiknya kamu membawa hadiah kecil seperti bunga atau benda yang dia sukai agar momen yang rasakan wanita ada romantisnya dan memiliki kesan yang tidak akan bisa terlupakan.

10. Ada juga yang memilih hari valentine's day untuk hari melahirkan anak

Di rumah sakit ada juga beberapa ibu yang meminta dokter untuk melahirkan anak tepat tanggal 14 februari, dengan berbagai macam alasan kenapa ingin sekali melahirkan ditanggal tersebut, dan biasanya anak yang lahir pada tanggal tersebut akan diberi nama valentina (cewek), valentino (cowok), love, cinta dan masih banyak nama lainnya.

11. Cukup kontroversial karena dianggap haram

Ini di Indonesia dari tahun ke tahun tetap aja ada kontroversi mengenai valentine's day, ada yang bilang haram lah karena sebagian besar di Indonesia beragama muslim, ada yang melarang merayakan karena tidak sesuai budaya Indonesia, mau seperti apapun kontroversi nya toh di Indonesia masih ada perayaannya di setiap tahun selama merayakan dengan wajar sih tidak menghilangkan budaya timur engga masalah juga kan? asikin aja lah yang pro biarlah pro, yang engga suka ya diam saja.

No comments:

Powered by Blogger.