Cara Membuat Email Marketing Yang Bagus Dan Menarik Untuk Promosi

email marketing

Di era teknologi ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online. Dapat dipastikan bahwa mereka yang menggunakan komputer atau laptop untuk kegiatan sehari-hari memiliki akun email dari berbagai layanan email gratis ataupun berbayar.

Memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif karena penawaran kita bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka. Selain itu,  promosi melalui email marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik. Ada banyak offering letter (surat penawaran) yang masuk ke inbox kita setiap harinya.

Baca juga : Jangan tiru gaya jualan online yang murahan ini

E-mail ini bukan hanya berfunsgi untuk mengirimkan e-mail biasa. Akan tetapi banyak bisnis yang menggunakan e-mail untuk menawarkan produk, jasa atau sekedar memberikan tips sebagai bagian dari branding terhadap kliennya.

Nah bagi anda yang ingin membuat e-mail marketing yang bagus dan menarik untuk menunjang kegiatan promosi, ada baiknya anda mengikuti 5 tips berikut ini :

1. Hindari kata-kata yang di-filter spam blocker
Tidak ada email yang lebih buruk daripada email yang masuk ke kotak spam. Bukan hanya tidak dibaca, kotak spam juga tidak akan dihiraukan oleh pengguna email. Maka dari itu, kenalilah beberapa kata-kata yang akan langsung diblokir oleh spam filter. Hingga saat ini, untungnya spam filter masih tidak berlaku untuk subyek yang berbahasa Indonesia. Namun jangan kaget bahwa kata-kata seperti free, buy now, cash, click here, subscribe, hingga opportunity akan otomatis masuk ke spam.

2. Pikirkan dan tentukan subjek e-mail marketing anda
Sangatlah penting untuk memberikan subyek yang jelas dan informatif. Namun, perlu juga Anda memikirkan seberapa banyak karakter huruf yang tercantum. Maksimal huruf yang bisa Anda gunakan adalah 50 karakter, tidak lebih. Subyek Anda akan terpotong apabila karakter yang muncul terlalu panjang, apalagi jika email tersebut dibuka melalui perangkat handphone. “buy 1 get 1 free” mungkin cukup untuk membuat penerima email mendapatkan informasi yang jelas namun masih tergolong pernyataan yang singkat. Subyek seperti ini yang akan mendapatkan perhatian lebih dari orang lain.

Baca juga : Begini caranya mendapat uang dari facebook

3. Buatlah daya tarik dari e-mail marketing
Mengapa anda harus membuka email ini? Itulah yang harus anda bangun di subyek email yang akan Anda kirimkan. Anda harus memberikan kesan urgensi sehingga penerima email merasa harus membuka email tersebut saat itu juga. Buat mereka terpancing. Caranya, berikan tenggat waktu dalam subyek email Anda.Ungkapan-ungkapan seperti “Promo Hari Ini!” atau “Sale Of 50%” akan sangat memberikan peluang besar email anda akan terbaca. Gabungkan ungkapan tersebut dalam subyek e-mail, contohnya “promo hari ini, gratis tas cantik untuk pembelian diatas Rp 1.000.000”.

4.Hindari terpaku pada desaign e-mail marketing saja
Desain email marketing memang penting untuk dapat menarik perhatian atau minat pembaca atau penerima email anda. Namun jangan menjadi hal ini sebagai satu-satunya hal yang anda perhatikan. Isi dari email  tetaplah menjadi bagian penting yang anda harus perhatikan. Sangat disayangkan jika email anda memiliki design yang menarik namun tidak disertai dengan isi yang menarik. Untuk itulah, sebagai saran untuk cara membuat email marketing yang menarik lainnya, sebaiknya anda membuat perbandingan 50:50  antara design dan juga isi email anda.

5. Mintalah untuk action
Pada akhir isi email yang anda buat, jangan lupa untuk memberikan sedikit bumbu berupa kata-kata agar pemilik email melakukan suatu tindakan, misalnya saja melakukan klik ke link yang anda berikan. Sebaiknya gunakan kata-kata yang spesifik dan membuat orang tertarik agar pembaca mau action, contoh kata-kata tersebut seperti ini, "Diskon 50% Hanya 3 Hari", "Beli sekarang bonus 1 item", atau "Free ongkir khusus pembelian hari ini". Karena membuat kata-kata yang spesifik ini tidak mudah, anda perlu melakukan beberapa riset agar menemukan kata yang tepat.



2 comments:

Powered by Blogger.