9 Plugin Wordpress Gratis Terbaik 2017 Yang Wajib Ada Di Blog Kamu


Plugin WordPress yang wajib di instal memang banyak macamnya, tak heran terkadang membuat sebagian blogger pemula merasa bingung. Hal ini dikarenakan terdapat ribuan plugin dengan berbagai fungsinya. Fungsi yang berguna antara lain keamanan, untuk backup, user experience, dan meningkatkan konversi. Berikut referensi plugin wordpress terbaik yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan.

1. Menambah kecepatan blog

Apabila blog anda termasuk dalam kategori lambat ketika diakses, jangan biarkan jaringan begitu saja, karena kesempatan mendapatkan pengunjung yang banyak akan hilang dan pendapatan pun akan berkurang. Google telah mempertimbangkan sebuah website dari segi kecepatannya untuk menentukan ranking di hasil pencarian. Jenis plugin wordpress yang membantu kecepatan website sebagai berikut :


Plugin W3 Total Cache
Plugin yang berguna untuk mempercepat loading blog wordpress ini milik Frederick Townes. Banyak situs-situs besar menggunakan plugin ini salah satunya adalah Smashing Magazine. Plugin ini juga di rekomendasikan oleh penyedia Layanan Hosting Terkenal yakni Hostgator. Plugin ini agak aneh tingkah lakunya, jika kalian salah mengkonfigurasi, maka akan berakibat fatal yaitu blanknya blog kalian. Apalagi di versi terbarunya, meski ada tambahan aplikasi Google Page Speed, namun sayang sepertinya banyak yang tidak beres. Salah-satunya adalah Error atau tidak berfungsinya fitur Minify.Tapi kita bisa mengakalinya dengan mengopreknya secara manual atau bisa juga dengan menonaktifkan fitur minify lalu Install Plugin WP Minify. W3 Total Cache plugin yang sangat dahsyat untuk optimasi page speed blog jika kita melakukan Konfigurasi / Setting W3 Total Cache yang Benar.

Baca juga : Dengan cara ini, gambar di blog akan terlihat lebih menarik
 

Plugin WP Super Cache
Plugin ini bekerja dengan cara yang sederhana, menciptakan file statis dalam bentuk html di dalam sub folder cache host anda sehingga ketika seseorang mengunjungi blog anda maka sistem akan menampilkan filehtml statis tersebut tanpa harus me-load ulang keseluruhan table dan query. Apabila ingin meningkatkan kecepatan loading blog, plugin WP Super Cache inilah yang menjadi solusinya.

2. Keamanan blog

Menggunakan plugin keamanan blog adalah hal yang sangat disarankan. Berikut plugin keamanan untuk blog yang menggunakan wordpress :


iThemes Security
Plugin security yang direkomendasikan untuk wordpress adalah iThemes Security. Memberikan Anda lebih dari 30 cara untuk mengamankan dan melindungi situs WordPress Anda. Rata-rata, 30.000 situs baru hack setiap hari. Situs WordPress dapat menjadi sasaran empuk bagi serangan hacker karena kerentanan Plugin, password yang lemah dan perangkat lunak yang tidak diperbarui alias usang. Kebanyakan admin WordPress tidak tahu website wordpress yang mereka miliki tersebut rentan diserang,  iThemes Security bekerja untuk memperbaiki lubang-lubang yang umum terdapat di WordPress, menghentikan serangan otomatis dan memperkuat kredensial pengguna atau kekuatan kata kunci yang digunakan pengguna. Dengan aktivasi satu-klik untuk sebagian fitur, serta fitur-fitur canggih untuk pengguna yang berpengalaman, iThemes Security dapat membantu melindungi situs WordPress.


Wordfence
WordFence adalah Free WordPress security plugin (dengan pilihan premium) yang akan memonitor blog Anda dari serangan virus, malware, trojans dan malicious links secara teratur sepanjang hari. WordFence juga akan melindungi situs Anda dari scrapers, aggressive robots, fake Googlebots, ataupun brute force attacks.Plugin ini dapat menggunakannya dengan sangat mudah, tinggal drop-down dan mencentang option yang tersedia, kemudian Anda tinggal memberikan alamat email untuk menerima pemberitahuan dan tingkat perlindungan yang Anda inginkan. Fitur selanjutnya, plugin ini memungkinkan anda untuk men-scan dan bisa mendeteksi file2 apa aja yg telah berubah ato missing, dan sekaligus bisa merecovernya, tanpa perlu kita upload scr manual. Dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh developer, bisa dikata kalau plugin Wordfence ini adalah plugin keamanan wordpress yang terbaik untuk melindungi blog dari serangan hacker.

3. Penjadwalan Full Backup

Meskipun beberapa web hosting menyediakan file backup, tapi anda tidak boleh bergantung begitu saja, karena biasanya file backup dari pihak hosting tidak lengkap. Jadi untuk melakukan backup berkala adalah hal penting dan salah satu cara terbaik adalah menggunakan plugin sebagai berikut :


BackupBuddy
Plugin untuk membackup atau menyalin semua file blog WordPress anda. Semua database blog WordPress Anda bisa dibackup, mulai dari file website, file yang pernah diupload, komentar, tabel, dan lain-lain. Plugin ini sangat vital bagi blogger yang tidak ingin file – filenya hilang karena sesuatu yang dianggap tidak penting sehingga berakibat hilangnya beberapa file yang telah diuplod atau dimasukan ke blog anda. Dengan adanya BackUpBuddy pekerjaan Anda jadi mudah dan ringan karena tidak memerlukan waktu lama untuk mengerjakan sesuatu dengan blog anda tersebut. Untuk mendapatkan plugin backup buddy ini, anda harus melakukan order pada website berikut, karena plugin ini bersifat berbayar.

Baca juga : Ini tandanya kalau blog kamu disukai banyak pengunjung


BackWPup
Plugin gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat backup WordPress secara lengkap dan gratis serta menyimpannya di cloud (Dropbox, Amazon S3, Rackspace, dll), FTP, email, atau di komputer sendiri. Hal ini sangat mudah digunakan dan memungkinkan anda untuk menjadwalkan backup otomatis sesuai dengan frekuensi update situs anda. Restore situs WordPress dari backup juga sangat sederhana. BackWPup versi Pro datang dengan dukungan prioritas, kemampuan untuk menyimpan backup di Google Drive, dan beberapa fitur keren lainnya.

4. Redirect dan mengatasi error 404

Terkadang kita tidak sengaja mengubah url dari postingan, dan hal ini sangat penting untuk di arahkan ke url yang dapat diakses. Jadi ketika ada pengunjung ataupun robot search engine yang mengaksesnya dapat menemukan halaman yang tepat. Jika hal ini tidak diantisipasi tentu efeknya tidak bagus, baik itu untuk pengalaman pengguna atau penilaian dari search engine. Redirection adalah plugin yang sangat berguna dan praktis yang membantu untuk mendeteksi 301 redirection di situs WordPress. Dengan tool ini, anda tidak perlu khawatir tentang masalah seperti ini lagi. Ketika anda memindahkan artikel anda, posting, dan halaman ke situs web baru atau mengubah kategori posting, dapat mengarahkan pengunjung ke tempat yang tepat secara otomatis

5. Optimasi search engine

All In one seo
All in One SEO pack adalah plugin yang berfungsi untuk SEO blog anda. Dengan plugins ini anda lebih mudah menambahkan meta descriptions atau keyword yang berbeda untuk setiap artikel blog anda. Selain itu Anda juga mengatur format meta tag pada blog agar lebih SEO friendly. Cara menambahkan plugins All in One SEO pack sebenarnya tidaklah terlalu susah bagi sebagian blogger yang sudah berpengalaman di WordPress. Namun, bagi anda yang masih pemula atau belajar menggunakan WordPress, tutorial menginstall plugins All in One SEO pack ini mungkin berguna buat anda.

Yoast SEO
menempatkan plugin seo yang kedua yang banyak di gunakan oleh pengguna wordpress. plugin ini juga menyediakan premium dan gratis. dan anda bisa memilikinya sekarang juga. banyak yang mengatakan kalau plugin WP ini sangat membantu para pemilik blog wordpress. dan saya sendiri menyukai Plugin WordPress SEO by Yoast.

Mana yang terbaik antara All in one seo pack vs Yoast SEO ?? Kalau menurut saya plugin seo yang terbaik adalah keduanya. Ya kedua plugin tersebut memang sangat handal untuk mendongkrak posisi situs anda di mesin pencari google. Tugas anda hanya menyesuaikan saja plugin mana yang pas dengan kemampuan anda dalam mengotak-atik settingan plugin tersebut.

6. Memanage tim dan meningkatkan proses editing

Wordpress memang secara default tidak menyediakan fasilitas untuk mengelola kontributor, dan anda perlu menambah sebuah plugin sebagai berikut :


Edit flow
Edit Flow memungkinkan anda untuk mengelola mulus dan berurusan dengan tim editorial. Itu modular ke inti sehingga anda dapat menyesuaikan dengan sempurna untuk memenuhi tujuan jangka panjang anda. Mengedit aliran menyediakan kebanyakan dari pilihan-pilihan seperti kalender untuk melacak kemampuan anda konten, untuk mengadakan diskusi swasta antara penulis dan editor, serta pemberitahuan pada konten anda mengikuti.

Baca juga : Sssttt . . . .!! Saya punya rahasianya agar blog ramai pengunjung. Silahkan baca disini

Edit Flow menawarkan fitur seperti status kustom, komentar editorial, dan banyak lagi. Setiap fitur ditujukan untuk mempermudah kolaborasi tim dalam WordPress. Plugin ini memungkinkan anda untuk mengatur pengguna berdasarkan Departemen atau fungsi. anda dapat dengan mudah menambahkan konten testimonial, fungsi theme atau widget dengan pilihan kategori dan tag. Edit Flow dilengkapi dengan built-in Review skema untuk meningkatkan hasil mesin pencari.


Editorial Calendar
Editorial Calendar disini merupakan plugin WordPress yang akan memudahkan kita untuk melihat semua post yang kita miliki. Semua post akan dimunculkan dalam bentuk Calendar View. Plugin ini akan sangat bermanfaat jika kita memiliki banyak post yang kita jadwalkan pada tanggal dan jam tertentu. Kita tinggal dragging dan dropping post ke tanggal yang kita inginkan.

7. Menambah jumlah e-mail list

Meningkatkan pengunjung blog secara efektif dengan cara membangun daftar email pengguna. Berikut daftar plugin nya :


Thrive leadas
Wordpress Plugin Thrive Leads untuk mengedit Front End Store untuk website anda. Karya besar dari Konten ini didasarkan pada ide yang sangat sederhana: jika anda ingin mengedit sesuatu, anda klik. Ide sederhana ini sederhana, tapi itu membuat perbedaan besar untuk pengalaman membuat konten, produktivitas. Hal ini tidak hanya untuk kenyamanan memiliki drag dan drop antarmuka dan mengedit opsi yang memberikan menetas Konten Building. Plugin ini telah diasah dan disempurnakan ke titik di mana itu akan membuat perbedaan yang penting dengan cara yang anda bisa.


SumoMe
Sumome adalah plugin yang berfungsi untuk membantu anda membangun email list, menambahkan tombol share elegan, dan sebagainya yang menyangkut marketing dan interaksi sosial pada blog anda. Sumome juga memungkinkan anda untuk menampilkan popup berlangganan seperti yang ada di blog ini. Konfigurasi sumome agak sedikit berbeda dengan plugin lainnya. Dashboard pengaturannya memiliki tampilan tersendiri yang berupa popup pihak ketiga.

8. Sharing sosial media

Memudahkan pengunjung untuk dapat membagikan artikel blog anda ke sosial media, pasti itu kemauana hampir setiap blogger. Nah berikut plugin untuk sharing sosial media:


Social warfare
Social Warfare adalah plugin media sosial gratis yang cukup impressif. Plugin ini memberikan tampilan button atau tombol yang menarik dan juga memberikan akses user untuk beberapa fitur powerful yang dapat meningkatkan jumlah sharing media sosial. Beberapa pengguna plugin ini melaporkan bahwa jumlah sosial sharing mereka meningkat hingga 300% setelah mereka menggunakan plugin media sosial ini.

Kekuatan utama dari plugin media sosial ini adalah kemampuan memberikan spesifikasi yang cukup mendetail. Misalnya untuk sharing Pinterest, andaa dapat meng- upload gambar yang spesifik dengan deskripsi yang anda sudah anda ciptakan, dan hasilnya juga gambar yang ‘Pinterest friendly’ ( gambar yang ideal untuk Pinterest ). Bagi website tertentu yang mengandalkan photo-sharing, tentu saja kesempatan untuk menjaring trafik dari Pinterest semakin besar. Selain itu, ada juga opsi ‘tweetable quote boxes’ untuk membuat box text menarik untuk di-share ke Twitter. Intinya, plugin ini benar- benar sangat bagus untuk mengokonversi trafik media sosial ke dalam website anda.


Share by SumoMe
SumoMe ini salah satu plugin sosial media sharing favorit Saya. Bukan hanya memberikan desain social sharing yang cantik, tapi SumoMe juga dibuat untuk membantu penggunanya meningkatkan jumlah pengunjung. SumoMe bukan hanya untuk social share saja, tapi juga image share yang memudahkan user nya untuk membagi konten gambar ke Facebook, Twitter dan Pinterest. Fitur unggul lainnya, SumoMe juga membantu usernya untuk membuat widget email marketing, dengan mengunakan form subscriber pops-up dan fly in. Masih kurang lagi? SumoMe juga membantu kita untuk membuat kontak form dengan mudah dan cepat. Jika merasa puas dengan plugin ini dan ingin mencicipi lebih banyak fitur, maka upgrade menjadi pro-member dapat menjadi pilihan yang menarik

9. Plugin WordPress yang wajib diinstal untuk blokir spam komentar

Komentar yang berupa spam masih menjadi masalah yang cukup serius. Selain dapat menguras resources server juga akan menghabiskan waktu anda mengecek satu persatu komentar yang masuk. Plugin berikut dapat digunakan untuk menyingkirkan komentar yang sifatnya spam:


Akismet
Plugin Akismet adalah plugin pada wordpress yang (fungsinya) akan menyaring komentar-komentar spam yang masuk pada blog wordpress kita. Jadi komentar-komentar spam akan otomatis masuk pada akismet sehingga kita tidak perlu lagi dipusingkan oleh banyaknya spam yang masuk pada blog wordpress kita. Plugin akismet ini telah tersedia (bawaan instalasi wordpress) saat kita menginstall wordpress, jadi yang kita lakukan adalah tinggal mengaktifkan (plugin akismet) saja. Untuk mengaktifkan plugin akismet wordpress kita memerlukan API Key. Plugin Akismet ini salah satu pengembangnya adalah Matt Mullenweg yakni pemilik WordPress.


Disqus Comment System
Disqus Comment adalah layanan third party yg menyediakan widget comment serta comment system yg sangat lengkap. Comment system ini dapat ditambahkan di berbagai macam platform blog dan website termasuk Blogger. Tampilannya pun tampak lebih professional dan elegan sehingga dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung.

No comments:

Powered by Blogger.