IBX585F55DEA78AB Teknologi Robot Berkembang Pesat, Mungkinkah Tenaga Manusia Tergantikan ? - Iseng Nulis | Meitri Blog

Latest News

Thursday, December 22, 2016

Teknologi Robot Berkembang Pesat, Mungkinkah Tenaga Manusia Tergantikan ?


Hidup di era modern tidak luput dengan kecanggihan komputer, tak heran hampir setiap kegiatan apapun komputer mampu membuat segalanya menjadi lebih udah, tapi kemudahan disin tidak sepenuhnya menggantikan fungsi manusia seutuhnya, hanya saja dari segi bentuk pekerjaan atau kegiatan yang berbeda dari semula.

Pernah mendengar robot? di era sekarang juga tak lepas dari teknologi robot yang secara tidak langsung mengancam berkurangnya lowongan industri. Bila saja kita lebih jeli mengamati perubahan jaman, rutinitas keseharian manusia telah terjadi transformasi, contoh halnya Vending machien di McDonalds menerima pesanan, kasir otomatis di Ikea menggantikan staff kasir. Kondisi ini membuat peneliti dari IAB mencoba mencari potensi pekerjaan yang dapat digantikan dari semua profesi. Hal ini mencakup bagian dari profesi yang dapat digantikan komputer, setidaknya secara teori. Tentunya hal ini juga meresahkan masyarakat khususnya bagi jobseeker's.

Penting diketahui tidak semua profesi bisa digantikan perannya oleh komputer, namun jenis pekerjaan paling terancam terjadi pada dunia industri (pabrik), dimana semua pekerjaan yang melibatkan proses bahan baku membutuhkan repetisi yang bisa ditangani secara mekanik. Pekerjaan di industri kemungkinan memiliki prosentase 50%, barulah di ikuti oleh jenis pekerjaan yang berada dibelakang meja dengan arti tentang pengaturan kertas dan file dokumnetasi perusahaan atau pabrik tersebut. Namun, investasi yang perlu dikeluarkan untuk mesin semacam itu tidaklah sedikit, dan tergantung juga arenanya, jadi kesimpulannya kemungkinan manusia akan digantikan oleh komputer tidak sedramatis itu.

Bagi pemilik usaha, dengan adanya karyawan masih menjadi keuntungan tersendiri dari segi biaya dan kemampuannya. Tapi demi mengikuti pekerkembangan jaman manusia memang lebih dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer demi menunjang kinerjanya. Beberapa alasan kenapa komputer bekerja lebih baik daripada manusia. Pertama, komputer tidak lelah meskipun seharian telah dipergunakan. Kedua, komputer terhubung dengan jaringan sehingga selalu update dengan penelitian terbaru. Ketiga, komputer juga terhubung dengan database untuk mengatasi situasi asing yang. Terakhir, komputer bisa melakukan semuanya dalam hitungan detik saja.

Khususnya bagi perusahaan maju menyimpulkan bahwa kemampuan yang tinggi, cepat dengan hasil yang akurat membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Tapi bakat merupakan sumber daya yang sangat penting, apabila kita masih tetap ingin bekerja hingga 20 tahun mendatang ada baiknya memiliki tiga kemampuan seperti bakat, komunikasi dan empati. Proses digitalisasi memberi ruang kesempatan bagi manusia untuk lebih fokus pada hal penting dalam pekerjaan. Disini komputer hanya akan mengambil alih pekerjaan monoton seperti halnya mengambil database.

Bagi orang yang kreatif dan berbakat dapat mengambil peluang di area yang tidak dapat ditangani oleh robot ataupun komputer, perlu ditegaskan pengetahuan dan kemampuan karyawan adalah aset penting didalam perekonomian. Ketika tugas sederhana didelegasikan ke mesin, makan manusia harus menangani tugas lebih kompleks dan menggunakan pengetahuan yang bersangkutan untuk menyelesaikan hal itu.

Inti dari pembahasan ini adalah komputer hanya akan menggantikan pekerjaan monoton yang bersifat mekanik yang dilakukan oleh manusia dalam industri (pabrik), dan manusia masih bisa menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan bakat.

No comments:

Post a Comment

Dari Redaksi

Semua artikel yang ada di isengnulis.id diambil dari beberapa sumber terpercaya dan artikel tersebut telah kami ubah kalimat dan tatanan bahasa sesuai aturan kami. Ada juga beberapa artikel yang ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi penulis.

Kerjasama

Apabila ingin produk atau lapak online anda kami review di blog ini, silahkan hubungi kami melalui kontak kami. Pasang iklan banner 300x300 atau 720x90 juga bisa di blog ini.