Facebook Marketplace Fitur Baru Untuk Jual Beli Online di Facebook



Facebook semakin mengepakkan sayapnya untuk memperluas content atau cakupan bisnis pada bidang lain selain layanan social platform. Salah satu misi yang ingin dicapai adalah menjadikan tempat jual beli online terbaik bagi pengguna facebook. Sebenarnya hal itu telah dijalankan oleh facebook dari tahun 2007, namun selama itu belum bisa memberikan hasil yang optimal. Tahun lalu, grup facebook yang merupakan fitur jual beli, mampu menarik minat penggunanya untuk jualan melalui facebook. Misi lanjutan untuk menyempurnakan  fitur tersebut kini telah dirilis fitur baru yaitu facebook marketplace.

Facebook Marketplace membuat pengguna bisa dengan mudah mencari dan menemukan beragam produk yang dijual oleh orang lain. Di integrasikan dengan adanya layanan facebook meseenger, para pengguna yang berstatus penjual maupun pemberi bisa melakukan proses tawar menawar, penetuan cara bertransaksi, bertanya seputar produk yang dijual. Sehingga proses jual beli menjadi lebih efisien.Namun sayangnya fitur facebook marketplace masih tersedia untuk para pengguna yang berada di negara kawasan amerika serikat, inggris, australia serta new zealand. Akan hadir pula untuk versi facebook mobile yang akan segera dirilis secara global jika hasil yang didapat cukup maksimal.

Usaha Facebook Dalam Mengembangkan Jual Beli Online

Kembali menengok pada tahun 2007 lalu, upaya facebook untuk menjadi platform jual beli online, dimulai ketika mengeluarkan sebuah fitur yang diberi nama marketplace dimana pengguna bisa menemukan daftar dari berbagai hal yang dijual, termasuk properti, daftar pencarian kerja dan banyak lainnya. Namun upaya tersebut tidak menunjukkan hasil positif hingga pada tahun 2009 facebook menyerahkan operasional fitur ini pada startup Oodle. Dan pada tahun 2014, fitur ini resmi ditutup dengan alasan kurangnya peminat.

Baca juga : Cara tepat untuk melakukan promosi online

Tak mau menyerah, pada tahun 2015 lalu facebook mengeluarkan sebuah fitur lagi dimana pengguna bisa membuat sebuah posting berisi tawaran penjualan produk pada sebuah halaman grup. Dalam beberapa waktu, ternyata fitur ini mendapat tanggapan yang cukup baik, bahkan digunakan oleh hampir seperempat dari total pengguna aktif Facebook. Langkah berikutnya yang diambil oleh facebook, ketika perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini melakukan uji coba fitur baru bertajuk “Local Market”. Dan fitur inilah yang menjadi cikal bakal dari Facebook Marketplace yang akhirnya di rilis menjelang tutup tahun 2016 ini.

3 Fitur Andalan Facebook Marketplace

Meskipun belum bisa dinikmati oleh semua pengguna, facebook marketplace dinilai mempunyai potensi yang lebih baik, terlebih facebook sudah mempunyai pengalaman selama beberapa tahun untuk mengembangkan platform jual beli onlinenya. Setidaknya ada 3 fitur utama dari facebook marketplace, yakni pencarian pembelian, menjual barang serta  pencarian di kawasan sekitar.

Fitur pertama yakni pencarian barang, memungkinkan setiap pengguna untuk mencari dan memfilter daftar barang yang dapat kita beli dari sebuah komunitas tertentu. Bagi mereka yang ingin membeli, ada beberapa pilihan text instant yang bisa digunakan untuk membuka percakapan transaksi. Teks tersebut diantaranya yakni, “Apakah barang tersebut masih tersedia?” serta “Bagaimanakah kondisi dari barang tersebut?”.

Baca juga : Dengan cara ini, brand bisa semakin terkenal

Dengan begitu, proses jual beli personal semacam ini bisa dilakukan dengan lebih cepat. Fitur yang kedua yakni menjual barang. Tanpa perlu membuat halaman khusus yang berisi daftar barang yang anda miliki, kita tinggal mengupload foto produk kemudian memberikan deskripsi serta harga yang ditawarkan. Dari situ pengguna tinggal memasukkan pada daftar atau listing produk yang telah disediakan.

Fitur ketiga cukup menarik yakni melakukan pencarian di kawasan sekitar. Seperti yang telah digambarkan pada awal artikel di atas, bahwa nantinya dengan fitur facebook marketplace, pengguna bisa mencari produk-produk yang ditawarkan oleh pengguna yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Keuntungan dari fitur ini adalah, pengguna bisa lebih cepat untuk mendatangi si penjual jika memang tertarik dengan produk yang dijual. Selain itu, fitur ini juga mendorong peningkatan penjualan lokal termasuk yang di tawarkan oleh UKM.

Seperti itulah gambaran umum dari fitur facebook marketplace sebagai wadah jualan melalui facebook, dan ketika nantinya fitur ini diperkenalkan secara umum, semoga bisa dimanfaatkan dengan maksimal bagi pengguna facebook di wilayah Indonesia.

No comments:

Powered by Blogger.