IBX585F55DEA78AB 6 Fakta Mengejutkan Kelebihan Uang Baru Rupiah 2016 - Iseng Nulis | Meitri Blog

Latest News

Monday, December 26, 2016

6 Fakta Mengejutkan Kelebihan Uang Baru Rupiah 2016

gambar diambil dari tribunnews.com

Kita semua pastinya sudah mendengar kabar kalau Bank Indonesia resmi meliris seri uang rupiah baru pada tanggal 19 Desember 2016. Peluncuran uang baru ini bisa dikatakan membuat publik kaget karena kemunculanya secara tiba-tiba. Meskipun begitu, publik tetap menyambut uang baru ini dengan bahagia.

Seri yang terbaru ini muncul dalam beberapa bentuk pecahan, lebih tepatnya terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah berupa kertas serta empat pecahan berupa logam. Untuk uang kertas, gambar yang digunakan Bank Indonesia masih gambar  pahlawan yang sudah menyumbang banyak jasa untuk bangsa Indonesia.

Baca juga : Ini keuntungan yang kamu peroleh apabila melakukan investasi

Uang kertas baru yang sekarang sudah mulai banyak beredar ini terdiri dari nominal Rp 1000, Rp 2000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Sedangkan uang logam terdiri dari nominal Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000

Sosok pahlawan yang hadir dalam uang kertas baru Republik Indonesia diantaranya Soekarno dan hatta di mata uang nominal Rp 100.000, Djuanda Kartawidjaja hadir di mata uang nominal Rp 50.000, Gerungan Saul Samuel Jozias di mata uang nominal Rp 20.000, Frans Kaisiepo di mata uang nominal Rp 10.000, Idham Chalid pada nominal Rp 5.000, M.Hoesni Thamrin pada nominal Rp 2.000 dan Tjut Meutia di nominal Rp 1.000.

Suhaedi, sebagai direktur eksekutif pengelolaan uang Bank Indonesia menuturkan, uang baru Indonesia tahun 2016 ini di klaimnya sebagai salah satu mata uang yang memiliki sistem keamanan tertinggi di dunia. Sehingga orang yang memiliki niat untuk memalsukan uang akan mengalami tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Uang Rupiah 2016 Memiliki 3 Level Keamanan, Diantaranya :

  • Level 1 :  Dimana pengaman ini bisa terdeteksi tanpa menggunakan bantuan alat apapun dan kita lebih mengenalnya dengan 3D (Dilihat, Diraba serta Diterawang).
  • Level 2 : Sistem pengaman ini bisa terlihat menggunakan bantuan sinar ultra violet dan kaca pembesar.
  • Level 3 : Sistem pengaman ini sifatnya sangat rahasia, sehingga hanya bank Indonesia saja yang mampu melihatnya.

Diatas kita sudah membahas mengenai nominal uang pecahan rupiah terbaru serta tingkat keamanan yang dimilikinya. Pada bagian ini saya akan mencoba menguak keunggulan apa saja yang dimiliki dari kehadiran uang rupiah yang baru.

Baca juga : Begini cara mengelola uang agar kamu cepat kaya

6 Keunggulan Atau Kelebihan Uang Baru Rupiah Yang Harus Kamu Tau


1. Color Shifting
Color shifting ini pastinya akan sangat berbeda dengan mata uang rupiah yang lama. Pada uang baru Indonesia ini apabila kita lihat dari sudut pandang yang beda akan muncul efek perubahan warna yang sangat kontras. Uang baru ini juga memiliki fitur rainbow, dimana akan muncul gambar dan tersembunyi multi warna berupa angka nominal bila anda lihat dari berbagai macam sudut,

2. Latent Image
Gambar berupa teks BI yang tersembunyi pada bagian tertentu akan nampak jelas apabila anda melihatnya dari sudut tertentu. Latent image ini belum pernah pada di mata uang yang sebelumnya.

3. Ultraviolet Feature
Buat teman-tmena yang sudah memiliki uang baru dalam bentuk kertas, coba kalian letakan uang tersebut di bawah sinar ultra violet dan lihatlah akan muncul dua warna pada lembar uang tersebut. Itulah yang dimaksud dengan Ultraviolet feature.

4. Rectoverso
Ketika uang kertas yang baru ini kalian terawang, maka akan muncul gambar berupa logo Bank Indonesia yang seakan-akan saling mengisi.

5. Blind Code
Bank Indonesia juga merilis fitur blind code yang lebih sempurna di seri uang terbaru ini. Fitur ini ditujukan untuk difabel tuna netra agar lebih mudah dalam mengenali nominal uang.

6. Ada 17 Pengaman Pada Uang Baru
Sejauh ini pihak Bank Indonesia sudah berusaha keras untuk membantu kepolisian memberantas peredaran uang palsu di publik dalam bentuk memberikan jumlah pengamanan yang banyak terhadap uang kertas, kira-kira jumlah pengamanya ada 17. Fitur-fitur tersebut sebagian bisa diketahui oleh publik dan sebagian lagi hanya kelompok berkepentingan saja yang bisa tau.

Ulasan mengenai kelebihan uang baru rupiah emisi 2016 ini sudah selesai. Semoga dengan dirilisnya uang baru ini jumlah peredaran uang palsu bisa turun pesat dan kenyamanan teman-teman dalam bertransaksi bisa meningkat.

No comments:

Post a Comment

Dari Redaksi

Semua artikel yang ada di isengnulis.id diambil dari beberapa sumber terpercaya dan artikel tersebut telah kami ubah kalimat dan tatanan bahasa sesuai aturan kami. Ada juga beberapa artikel yang ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi penulis.

Kerjasama

Apabila ingin produk atau lapak online anda kami review di blog ini, silahkan hubungi kami melalui kontak kami. Pasang iklan banner 300x300 atau 720x90 juga bisa di blog ini.