Peran Penting Inovasi Agar Bisnis Tetap Bertahan

innovation


Peran Penting Inovasi Agar Bisnis Tetap Bertahan - Selama ini, di mana ekonomi tumbuh pesat, perusahaan–perusahaan kurang mempertimbangkan faktor pesaing dibandingkan masa kini. Namun selama ini, pertumbuhan ekonomi yang kurang bergairah menciptakan persaingan yang sangat ketat. Perusahaan–perusahaan secara khusus mendalami kelemahan pesaing–pesaingnya dan sering menyerang posisi pesaingnya dengan mendadak. Makin lama makin disadari pentingnya inovasi yang didasarkan atas baik kebutuhan konsumen maupun posisi para pesaing.
Baca juga : Cara paling jitu untuk mengembangkan bisnis
Dalam dunia bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan inovasi. Bagi para pebisnis zaman sekarang, inovasi kerap disebut sebagai reka cipta. Reka cipta adalah pengembangan suatu ide yang muncul untuk pembentukan suatu produk baru yang sekiranya berbeda dari produk-produk lainnya. Berinovasi artinya membuat suatu produk yang baru. Biasanya inovasi dari para pebisnis sering memunculkan ide-ide untuk pembuatan suatu produk terbaru dari bisnisnya. Bagi Anda yang memang sedang berkecipung dalam dunia bisnis maka berolomba-lombalah dalam hal inovasi.

Pengertian inovasi sendiri ialah kaedah mencari jalan untuk menghasilkan produk baru yang lebih baik Organisasi tidak akan membenarkan perusahaan mereka berpuas hati dengan apa yang ada (complacent). Terutama sekali apabila pesaing akan menghasilkan ide yang kreatif. Inovasi juga bermaksud berfikir untuk menghasilkan sesuatu yang baru di pasaran yang akan merubah persamaan antara permintaan dan pengeluaran.

Contoh Kasus Inovasi Yang sering dilakukan

Produk phone Cell
Masih ingat kan produk phonecell jaman dulu seperti apa, hanya bisa digunakan untuk menelepon, sms dan permainanya juga kurang menarik. kalau jaman sekarang phone cell sudah sangat maju dan berubah menjadi smartphone yang memiliki banyak fitur dan kecanggihan-kecanggihan didalamnya. Beberapa produsen smartphone juga ada yang melengkapinya dengan teknologi anti air dan tahan banting.

Televisi
Bentuk televisi jaman dulu kalau anda perahatikan sebenarnya kurang menarik dan tidak efisien, karena bentuknya yang besar bisa memakan tempat yang lumayan besar. Televisi jaman sekarang sudah semakin canggih, sudah memiliki ukuran yang slim, menggunakan LED, bisa dipasang pada dinding serta ada beberapa televisi yang dilengkapi dengan fitur 3D.

Klakson Kendaraan
Ditahun 2000an klakson standart yang berbunyi "tiin" dianggap bagus dan wah oleh pemilik kendaraan. Namun pasti ada kalanya pemilik kendaraan ingin memliki klakson yang suaranya tidak lazim atau unik, para produsen menyadari hal itu dan dibuatlah klakson kapal, klakson motor telolet, klakson denso, dimana masing-masing dari jenis klakson tersebut memiliki suara yang khas dan unik.

Banyak alasan mengapa seorang pebisnis harus berinovasi, diantaranya menghindari kata monoton dalam produknya dan salah satu cara agar bisnis tetap bisa bertahan bahkan berkembang. Jika Anda sebagai pebisnis namun Anda tidak pernah melakukan inovasi sama sekali maka produk yang anda produksi digolongkan ke dalam produk lama. Tentunya ini membuat jenuh masyarakat terutama pelanggan. Selain itu, melakukan inovasi akan mengurangi tingkat masalah terhadap produk yang sudah lama.

Hal ini sangat penting sekali dan perlu diperhatikan guna mengatasi kegagalan usaha dalam berbisnis. Ada banyak hal penting yang dapat Anda peroleh dalam melakukan inovasi di dunia bisnis. Hal ini dapat dijadikan keuntungan sekaligus meningkatkan kemajuan usaha di bidang perbisnisan. Lima hal penting yang dapat diperoleh dalam melakukan inovasi, yaitu ;

  • Menarik minat masyarakat (konsumen)
  • Tidak kalah dalam persaingan sesama kompetitor
  • Mengikuti kemajuan teknologi
  • Mempermudah dalam menggencarkan aksi promosi
  • Pendapatan yang profit

Inovasi bukan sekadar berkutat dalam penciptaan produk yang baru dan lebih baik, tetapi juga pengembangan system yang lebih baik dan konsep bisnis yang baru. Dengan adanya inovasi akan muncul keyakinan bahwa inovasi berarti kemajuan. Inovasi membutuhkan kreativitas, yang sampai sekarang masih minim.ada beberaba cara yang dilakukan Perusahaan untuk  dapat menjadi lebih kreatif Pertama adalah mempekerjakan lebih banyak orang yang kreatif, yang pikirannya terus berputar, selalu ingin tahu, dan selalu bertanya.

Kedua adalah menggunakan alat bantu dan proses kreativitas dalam memecahkan masalah perusahaan. Alat-alat bantu ini mencakup brainstroming, synetics, analisis modifikasi, hubungan yang diperkuat, dan analisis morfologis.Ketiga adalah sesekali menggunakan jasa agen kreatif, yang dapat membantu membangkitkan ide-ide besar yang baru bagi perusahaan.

No comments:

Powered by Blogger.