IBX585F55DEA78AB Penyakit Hernia Dan Pengobatan Secara Medis - Iseng Nulis | Meitri Blog

Latest News

Thursday, September 29, 2016

Penyakit Hernia Dan Pengobatan Secara Medis


Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun berok”, merupakan penonjolan isi suatu rongga di dalam tubuh melalui bagian lemah dari jaringan ikat (penghubung) yang memiliki lapisan tipis dari dinding rongga bersangkutan, sehingga organ di dalam rongga tersebut turun. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia. Dinding rongga yang lemah itu akan membentuk suatu kantong dengan pintu berbentuk seperti cincin (berbentuk lingkaran).

Berdasarkan terjadinya, hernia dibagi atas :
  • Hernia bawaan (hernia kongenital)
  • Hernia yang didapat (hernia akuisita)

Berdasarkan letaknya, hernia dibagi menjadi :
  1. Hernia diafragma yaitu menonjolnya organ perut ke dalam rongga dada melalui lubang pada diafragma (sekat yang membatasi rongga dada dan rongga perut).
  2. Hernia Inguinalis yaitu menonjolnya jaringan lunak melalui bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha.
  3. Hernia umbilikalis yaitu menonjolnya jaringan lunak yang masuk melalui cincin umbilikus (pusar).

Berikut ini adalah beberapa hal penyebab hernia
  • Obesitas
  • Batuk
  • Mengejan saat buang air besar dan buang air kecil
  • Mengangkat benda berat
  • Cairan di dalam rongga paru-paru, sehingga meningkatkan tekanan di dalam rongga abdomen (perut) dan dapat menekan hernia

Dalam ilmu kedokteran (secara medis), cara untuk mengobati hernia dibagi menjadi dua kategori tindakan, yakni tindakan konservatif dan tindakan operatif. Sebelum kami menjelaskan mengenai kedua hal tersebut, perlu diketahui bahwa yang dimaksud ‘obat penyakit hernia’ disini adalah penanganan dari kondisi hernia tersebut. Karena tidak ada obat penyakit hernia tertentu seperti obat minum ataupun obat oles yang terdapat dalam rekomendasi penanganan masalah penyakit hernia.

Berikut penjelasan mengenai penanganan penyakit hernia secara medis dan sangat direkomendasikan

Tindakan Konservatif
salah satu jenis pengobatan konservatif dilakukan dengan tujuan tindakan pengembalian posisi yaitu dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual. Lalu tindakan selanjutnya adalah pemakaian penyangga atau penunjang untuk mempertahankan isi hernia yang telah direposisi (dikembalikan posisinya).
Baca juga : Penyebab hernia pada bayi
Bantal penyangga, penggunaan bantalan penyangga hanya bertujuan menahan hernia yang telah direposisi dan tidak pernah menyembuhkan sehingga harus dipakai seumur hidup. Hal ini biasanya dipilih jika pasien menolak dilakukan perbaikan secara operasi atau terdapat kondisi yang tidak memungkinkan untuk operasi. Cara ini tidak dianjurkan karena menimbulkan komplikasi, antara lain merusak kulit dan tonus (kekenyalan/tekanan) otot dinding perut di daerah yang tertekan sedangkan strangulasi (terlilit/terpuntir) tetap mengancam.

Tindakan Operatif (Operasi)

Tindakan operasi akan dilakukan dengan pertimbangan kondisi seperti tipe hernia, isi dari hernia, jika isi di dalam rongga hernia terdiri dari usus, otot, atau jaringan tubuh maka tindakan operasi dibutuhkan segera karena jika terlambat penanganannya akan berisiko terjadi gangguan strangulasi (terpuntir/terlilit).Gejala dan pengaruhnya ke kehidupan sehari-hari.

Tindakan operasi dibutuhkan jika gejala semakin memburuk dan mempengaruhi kehidupan penderita sehari-hari.Laparoskopi yaitu suatu prosedur pembedahan di mana sayatan kecil dibuat, biasanya di pusar, lalu suatu tabung penglihat (laparoskop) dimasukkan melaluinya sehingga proses pembedahan bisa dilakukan dengan menggunakan alat tanpa melakukan pembedahan besar, dan dari segi biaya laparoskopi lebih mahal dibanding biaya operasi terbuka.


No comments:

Post a Comment

Dari Redaksi

Semua artikel yang ada di isengnulis.id diambil dari beberapa sumber terpercaya dan artikel tersebut telah kami ubah kalimat dan tatanan bahasa sesuai aturan kami. Ada juga beberapa artikel yang ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi penulis.

Kerjasama

Apabila ingin produk atau lapak online anda kami review di blog ini, silahkan hubungi kami melalui kontak kami. Pasang iklan banner 300x300 atau 720x90 juga bisa di blog ini.