Penyebab Rasa Nyeri Saat Haid Dan Solusinya


Dismenorea adalah suatu kondisi di mana seorang wanita mengalami rasa nyeri selama periode menstruasi atau datang bulan. Mayoritas wanita, menstruasi dikaitkan dengan rasa ketidaknyamanan pada perut bagian bawah. Beberapa gejala yang paling umum adalah adanya rasa mual, muntah, nyeri tajam yang datang dan pergi, nyeri berdenyut, diare atau sembelit, pingsan, pusing, sakit kepala, kelelahan dan kelesuan. Selain itu, penting untuk mengetahui rasa sakit yang bervariasi dari kasus ke kasus dan wanita mungkin mengalami sakit punggung konstan seperti rasa nyeri, yang disebut “kongestif dismenorea” dan atau kram nyeri seperti kontraksi, yang diberi nama “spasmodik dismenorea”.


Baca juga : Bahaya terlalu sering menunda kencing

Dengan adanya rasa nyeri saat wanita sedang menstruasi, tak bisa dipungkiri pula pada periode tersebut wanita sangat sensi sekali (mudah marah, ego tidak terkontrol) akibat dari rasa nyeri tersebut.Rasa nyeri dikala menstruasi terjadi sesaat sebelum atau selama periode atau kadang-kadang dapat dimulai sebelum periode dan berlangsung sepanjang masa.

Berikut adalah solusi meredakan nyeri haid bagi wanita :
  • Cobalah menempatkan botol yang telah di isi dengan air panas atau bantal panas pada daerah perut bagian bawah di mana kram yang terjadi. Hal ini memberikan bantuan meredakan dari rasa sakit atau nyeri pada saat menstruasi.
  • Memijat perut bagian bawah dengan lembut dalam gerakan melingkar efektif untuk memberikan bantuan selama periode menstruasi yang menimbulkan rasa nyeri.
  • Mandi menggunakan air hangat juga dapat menenangkan dan membantu menjadi rileks. Hal ini juga membantu dalam mengurangi dari rasa nyeri.
  • Melakukan olah raga yoga sangat bermanfaat dalam pengobatan periode menstruasi yang menyakitkan.
  • Jangan melakukan kegiatan yang berlebih yang membutuhkan tenaga ekstra, karena akan membuat kondisimu makin tidak nyaman
  • Bila diperlukan minum lah minuman yang memang ditujukan untuk wanita yang sedang mengalami haid dengan manfaat mengurangi rasa nyeri.
  • Bila dirasa begitu menyakitkan tidak ada salahnya anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi

No comments:

Powered by Blogger.