Begini Caranya Agar Anak Anda Suka Makan Sayuran


Tak sedikit kalangan ibu-ibu yang sering mengeluhkan anaknya tidak mau makan sayuran,entah apa penyebabnya yang membuat anak tidak menyukainya, mungkin salah cara memasak atau kurangnya kreatifitas mengolah sayuran menjadi masakan yang disukai anak-anak. Padahal didalam sayur mayur terdapat banyak kandungan vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan si buah hati.Contoh saja vitamin A yang terdapat pada wortel akan membantu kejernihan mata anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
Baca juga : Bayi terkena hernia
Lalu bagaimana agar anak-anak mau memakan sayuran? Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar sang anak tertarik untuk menyantap sayuran hasil olahan atau masakan anda :

1. Ketika acara makan bersama tunjukkan minat orang tua terhadap sayuran. Ini sangat efektif karena anak cenderung akan meniru apa yang orang tuanya lakukan.

2. Bisa dengan cara menambahkan sayuran ke dalam makanan favorit anak, misalnya anak anda sangat menyukai nasi goreng, maka tambahkan sayuran pada nasi goreng tersebut sebagai campuran.

3. Terkadang ajaklah anak untuk berbelanja sayuran ke swalayan atau ke pasar. Biarkan anak untuk memilih sayuran yang ia mau, biasanya hal demikian akan memudahkan anak untuk memakan sayur karena ia yang telah memilih apa yang akan dimakan nantinya.

4. Mencampurkan kaldu ayam, kaldu daging, ataupun kaldu ikan pada sayuran yang anda masak agar dirasakan lebih gurih dan enak oleh anak.

5. Berikan motivasi melalui tontonan atau cerita yang mengisahkan tentang manfaat sayuran, dengan cara ini diangap efektif untuk memikat anak lebih menggemari aneka sayuran.

6. Jika perlu ajaklah anak saat memasak sayuran. Dengan suasana yang menyenangkan anak akan lebih bersemangat mencoba hal-hal yang baru di dapur, namun orang tua harus lebih mengawasinya agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya selama di dapur.

7. Tetap bersabar jika anak tidak mau makan sayur, terus dicoba akan tetapi jangan memaksanya. Justru dengan semakin dipaksa, anak akan semakin menghindari sayur dan menjauhinya.

8. Bervariasi lah dalam memasak. Perlu disiasati pula dalam memasak sayuran agar anak tertarik untuk memakan sayuran. Misalnya Anda mencampurakannnya dengan telor dadar.

9. Kreatifitas menghiasi makanan anak dengan sayuran. Anda bisa membuat wajah di piring nasi goreng anak dengan mata dari kacang polong, rambut dari bayam, bibir dan hidung dari wortel, dan telinga dari bunga brokoli. Tentu hal ini akan menarik perahatian anak dan mereka terdorong untuk memakannya karena bentuknya yang lucu dan kemungkinan besar anak akan sering meminta dibuatkan makanan dengan karakter

Dari sedikit coretan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat yang akan diperoleh oleh sikecil apabila mengkonsumsi sayuran, oleh sebab itu sebaiknya anda sebagai orang tua mulai membiasakan buah hati untuk mengkonsumsi sayuran setiap harinya..

No comments:

Powered by Blogger.