Cara Paling Unik Untuk Menabung


Cara Paling Unik Untuk Menabung - Menabug merupakan kegiatan yang harus kamu sulap menjadi sebuah kebiasaan. Ibarat makan, kalau sehari saja kita tidak makan maka perut akan terasa lapar dan efek samping lainya akan bermunculan. Begitu juga dengan halnya menabung, meski terlihat sepele namun dampak positifnya akan kamu rasakan dalam jangka pendek ataupun jangka menengah.

Tabungan berupa uang yang sudah kamu persiapkan sebelumnya pasti suatu saat nanti akan sangat menolongmu. Misalnya saja secara tiba-tiba kamu jatuh sakit dan butuh biaya berobat, uang tabungan tersebut bisa kamu gunakan sebagai biaya berobat ke puskesmas, klinik ataupun rumah sakit. Tidak perlu banyak untuk menyisihkan uang, biar sedikit yang penting teratur, ingatlah kata pepatah " Sedikit demi sedikit, lama - lama menjadi bukit".

Baca juga : Penyebab utama keuangan sering bocor

Meskipun kegiatan menabung ini terbilang cukup penting, namun masih saja ada orang yang enggan untuk menyimpan sedikit uangnya dengan berbagai macam alasan yang dia pertahankan entah sampai kapan. Kali ini saya mau berbagi tips menabung uang degan cara yang unik, berikut tipsnya.

1. Menabung Sesuai Dengan Tanggal


Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang sesuai dengan tanggal. Misalnya saja pada tanggal 1 berarti kamu menyisihkan uang Rp 1.000, pada tanggal 15 kamu menyisihkan uang Rp 15.000, pada tanggal 30 kamu menyisihkan uang sebesar Rp 30.000 . Apabila kamu melakukan cara tersebut dengan rutin, maka pada akhir tahun kamu bisa mendapatkan tabungan yang nilainya mencapai jutaan.

Cara diatas bisa juga di balik, pada tanggal 1 kamu menabung sebesar Rp 31.000 dan pada tanggal 31 kamu menabung sebesar Rp 1.000 . Silahkan pilih cara mana yang menurut kamu paling pasa dengan kondisi keuangann saat ini.

2. Tabungan Rencana


Tabungan rencana ini melibatkan bank besar dalam negri, misalnya bank BRI, Bank BCA, Bank BNI atau bank Mandiri. Pada awal pembukaan tabungan rencana, kamu akan ditanya oleh pihak bank mau tabungan berjangka waktu berapa tahun dan nominalnya setiap bulanya berapa. Misalnya saja kamu mengambil jangka waktu 10 tahun dan setiap bulan ingin menabung sebesar Rp 100.000, artinya setiap bulan bank akan memotong saldo tabunganmu secara otomatis sebesar Rp 100.000 selama 10 tahun.

Kapan uang tersebut bisa cair atau bisa diambil ?? Ya sesuai dengan kesepakatan awal saat kamu membuka tabungan rencana, namun bisa juga kamu ambil uang tersebut lebih awal tapi dengan resiko kamu terkena penalty yang jumlahnya pada setiap bank berbeda.

Manfaat memiliki tabungan rencana adalah uang yang kamu tanamkan bisa mendapatkan bunga dengan besaran bunga yang berbeda pada setiap bulanya. Pada contoh diatas kamu menabung Rp 100.000 untuk 10 tahun, uang yang kamu miliki berarti sebesar Rp 12.000.000  ( apabila kamu mencairkanya tepat waktu ), karena ada bunga dari bank, maka uang kamu bisa menjadi Rp 13.500.000.

3. Menabung Dalam Bentuk Emas


Menabung dengan cara ini keuntungan yang kamu peroleh tidak bisa jangka pendek, paling tidak setahun baru kamu bisa merasakan keuntungan. Menabung dalam bentuk emas sebenarnya cara yang paling tepat untuk tabungan jangka panjang, karena setiap tahunya emas mulia harga terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Contohnya saja saat ini kamu membeli emas seberat 10 gram seharga Rp 3.500.000, tahun sepan saat kamu menjualnya, bisa menjadi Rp 5.000.000 lebih, keuntungan yang kamu peroleh sebesar Rp 1.500.000, bagaimana kalau kamu memiliki emas mulia sebesar 100 gram ?? Silahkan bayangkan sendiri.

Itulah ulasan singkat sari saya mengenai cara Paling unik untuk menabung. Setelah membaca artikel ini, semoga saja kamu yang tadinya malas untuk menabung bisa memiliki keinginan yang kuat untuk menabung demi kebutuhan di masa depan.

No comments:

Powered by Blogger.