Yuk Jadi Pengguna Cermat Kartu Kredit


Di era modern, untuk mempermudah transaksi pembayaran bank pun memfasilitasi nasabahnya dengan program kartu kredit, namun tidak setiap nasabah bisa memiliki katu kredit, bagaimana tidak? Bank pun punya standarisasi bagi nasabah yang ingin mempunyai kartu kredit, selain ada minimal gaji bagi nasabah dan diharuskan ada slip gaji minimal 3 bulan terakhir disaat pengajuan, sudah berapa lama bekerja atau usaha yang dijalankan, NPWP, minimal saldo tabungan di bank, apakah mempunyai kartu kredit di bank lain, semua data itu diperlukan  seorang anallis kartu kredit untuk mempertimbangkan layak atau tidaknya seorang nasabah yang melakukan pengajuan itu diberi fasilitas kartu kredit, serta untuk menentukan jenis dan limit kartu kredit.
Sebagian manusia yang doyan belanja di muka bumi ini, kartu kredit dibilang momok yang meyeramkan bagi keuangannya. Ahhh itu mah tergantung pemakainya, dia yang bodoh saja yang tidak bisa mengatur penggunaan kartu kredit, jika kartu kredit dipakai hanya untuk shoping tanpa memperdulikan pemasukan tiap bulan, bersiap-siaplah menelan pil pahit, terlebih jika kamu mengangsurnya hanya diminimal pembayaran, gaji atau pemasukanmu hanya untuk membayar tagihan plus bunganya, belum lagi jika kamu telat melakukan pembayaran, kamu akan dihantui desk collection yang menelpon mu dengan nada tegas, bahkan terkadang terdengar seperti membentakmu.
Nah, kamu kamu yang sudah mempunyai fasilitas kartu kredit, sudahkah mempergunakan fasilitas itu secara cermat? Jika belum, yuk simak ulasan berikut biar keuanganmu tidak semrawut hehe

Buatlah kartu kredit sesuai kebutuhan : Kartu kredit seringkali bekerjasama dengan toko komersil, langkah ini dilakukan untuk member kenikmatan lebih bagi penggunannya, tapi sih yang lebih jelasnya untuk menarik nasabah untuk lebih sering melakukan transaksi menggunakan kartu kredit tersebut. Jika kalian lebih focus mempergunakan kartu kredit untuk kuliner, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di restoran atau pun café, dan jika kalian lebih dominan didunia fashion biar makin terlihat fashionable buatlah kartu kredit yang memberikan promo di berbagai tempat perbelanjaan. Apapun pilihanmu, cari tahu sedetail mungkin promo apa saja yang ditawarkan kartu kredit sebelum kamu menjatuhkan sebuah pilihan.


Maksimal 2 kredit yang kamu miliki : Meski kartu kredit memberikan berbagai kemudahan dan kenikmatan dalam bertransaksi, kalian juga harus bisa membatasi kepemilikan kartu kredit, maksimal 2 kartu kredit saja cukup, jika tidak kemungkinan kamu akan berlebihan dalam hal pemakaian dan hasilnya tagihan kartu kredit sangat tak terduga, jadi membuat kartu kredit jangan hanya melihat dari sisi mudahnya namun juga bahayanya yaaaa.

Tentukan budget pemakaian kartu kredit : Jangan menggunakan kartu kredit diatas limit yang telah ditentukan, sebab kamu akan dikenakan denda. Intropkesi kemampuan finacialmu sehingga penggunakan kartu kredit tidak akan membahayakanmu.

Atur limit kartu kredit : Pilihlah limit kartu kredit yang paling kecil (bagi yang sebenarnya tidak terlalu membutuhkan kartu kredit), agar pengeluaran mu lebih terkontrol, jangan sampailah besar pengeluaran dibanding pendapatan.

Berfikir panjang sebelum berbelanja : Jangan puaskan nafsu belanjamu dengan adanya fasilitas kartu kredit, pikirlah secara matang-matang apakah barang yang akan kamu beli itu bermanfaat, apakah penting.

Pakailah poin reward : Setiap kali bertransaksi dengan kartu kredit, poin dalam kartu kredit kamu akan secara otomatis bertambah, nah jika poin mu sudah terkumpul banyak bisa loh ditukar dengan barang atau promo tertentu sesuai dengan kebijakan bank masing-masing, dengan adanya poin reward menggunakan kartu kredit menjadi menguntungkan.

No comments:

Powered by Blogger.