Keuangan Anak Muda Sering Bocor Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya



Memang tidak heran bila diusia muda mempunyai banyak keinginan dari A hingga Z, yang menyebabkan kondisi keuangan mereka sering kali bocor bahkan habis. Mungkin pepatah " Besar pasak daripada tiang " kurang tepat untuk menggambarkan hal itu, namun " Besar gengsi daripada pendapatan " sepertinya lebih tepat untuk menggambarkanya.

Sadar atau tidak, disaat usia menginjak 20 tahun merupakan masa kritis untuk menentukan masadepanmu. Pada usia itupula tingkat kedewasaan pola pikir manusia sudah mulai terbentuk dan berbagai macam pilihan hidup sudah mulai dipilih dengan hati - hati.

Pilihan yang salah sekecil apapun bisa berdampak megerikan untuk masadepan tiap individu, hal ini juga akan berpengarauh pada proses pengelolaan uang yang kamu jalankan. Akan saya sajikan beberapa penyebab keuangan andak muda cepat habis tanpa ia sadari.

1. Kurang Transparan Dalam Urusan Pendapatan

Masalah seperti ini banyak dialami oleh anak muda yang sedang pacaran, terutama cowok. Terkadang ia malu untuk menceritakan berapa sebenarnya pendapatan dia setiap bulanya. Puncaknya disaat sang kekasih meminta barang yang harganya melebihi pendapatan bulananya, hasilnya cowok akan berfikir keras bagaimana medapatkan uang lebih untuk menuruti keinginan sang pujaan hati. Sebaiknya kamu jujur saja berapa pendapatan yang kamu peroleh setiap bulan, hal itu untuk mencegah wanita yang kamu sayangi meminta sesuatu yang diatas pendapatanmu.

2. Salah Pergaulan



Dikehidupan ini memang kita disarankan mudah bergaul dengan siapapun, namun pastinya kita harus ekstra hati -hati dalam memilih teman. Jangan pilih teman yang 90% waktunya hanya untuk foya - foya, namun pilihlah teman yang mempunyai kebiasaan untuk mencari uang dan mengelola uang.

3. Gengsimu Ketinggian

 

Kamu penghasilanya pas - pasan tapi gengsinya selangit ?? Kelar hidupmu !! Menuruti gengsi tidak akan pernah ada habisnya dan tidak menguntungkan sedikitpun. Kalau teman kamu pakai Mobil CRV dan kamu masih memakai motor jelek, ya cuek aja dan jangan difikirka berlebihan. Ingat, mungkin omset teman kamu sebulan lebih dari 10 juta sedangkan omset kamu masih 700ribu tiap bulan itupun uang dari orangtuamu. Berpikirlah untuk hidup yang sederhana dan apadanya.

4. Investasi itu Tidak Penting


Daripada uang kamu dihabiskan hanya untuk menuruti gengsi, sebaiknya kamu habiskan uang kamu untuk investasi. Misalnya kamu beli logam mulia 5gram, nah 10 tahun lagi kamu bisa dapat untung berkali lipat. Contohnya lagi kamu buka Tabungan Rencana ( Tapenas ) dengan jangka waktu 5 tahun dimana setelah 5 tahun itu uangnya akan kamu gunakan untuk beli rumah. Masih berfikir kalau investasi itu tidak penting ?

5. Gaya Hidup Serba Mewah

"Wah besok camer mau kerumah ini, kudu beli baju yang itu dengan harga segitu ah biar dilihat anak orang punya". Pernah gak sih punya fikiran yang seperti itu ?? Pola pikir yang gak ada untungnya ini sebaiknya segera buang sejauh mungkin agar kamu bisa menghemat uang dan menabung. Diatas langit masih ada langit, diatas penampilanmu yang wah, masih ada penampilan orang lain yang lebih wah.

6. Wajib Piknik Biar Gaul


"Tumben banget DP BBM mu bukan fotomu sendiri ?? Iya nih, aku belum piknik, jadi ga punya foto baru dan malas pasang DP fotoku yang lama, udah basi". Pemikiran yang seperti inilah yang menyebabkan keuangan menjadi bocor dan kandas, boleh saja piknik tapi sebaiknya 3 bulan sekali dengan uang ekstra. Jangan terinspirasi dengan acara tv yang eksplore kesana - kemari, mereka itu pergi dibayar dan ada sponsor, nah kalau kamu ?? Jangan ngaku My Trip My Adventure kalau uang piknik masih minta ortu, pergi jauh ditelfon ortu.

Dari beberapa uraian diatas, ternyata yang menyebakan Keuangan Anak Muda Sering Bocor adalah cara hidupnya. So, kalau kamu mau punya tabungan untuk masa depan, hidup tidak kekurangan uang, segera ganti polahidupmu yang memboroskan keuanganmu.
Powered by Blogger.