IBX585F55DEA78AB Tekanan Darah Tinggi Mulai Menyerang Remaja - Iseng Nulis | Meitri Blog

Latest News

Friday, January 8, 2016

Tekanan Darah Tinggi Mulai Menyerang Remaja



Usia lebih dari 30 tahun terkena Tekanan darah tinggi tentunya tak akan membuat kita terheran - heran, namun apa yang terjadi apabila pada usia 15 tahun sudah mengalaminya ?? Hal inilah yang membuat saya sedikit kaget saat membac artikel dari Jason Alexander yang berjudul " Hypertension or high blood pressure is a worldwide silent killer! "

Menurut dia hal itu wajar saja terjadi di usia remaja, apa alasanya dia berkata seperti itu ?? Sebelum membahas lebih lanjut, baiknya saya jelaskan dulu apa sih yang disebut dengan Darah tinggi atau hipertensi. Pada keadaan normal tekanan darah manusia berkisar 120/80 hingga 135/8mmHg, apabila tekananya dibawah itu tandanya adalah darah rendah, namun bila yang terjadi diatas itu artinya mengalami hpiertensi. Darimana kita bisa tau tekanan darah saat ini ?? Anda bisa menggunakan sebuah alat yang bernama tensi meter, alat ini dijual bebas pada toko alat - alat kesehatan dan biasanya rumah sakit juga menjual alat ini.


Penyebab Remaja Mengalami Darah Tinggi

Lalu hal apa saja yang bisa menjadi penyebab darah tinggi ?? Ada banyak aspek atau faktor yang menjadikan seseorang mengalaminya, misal seperti stress, hobi mengkonsumsi minuman berakohol, suka minum kopi dan masih banyak lagi. Coba anda perhatikan gaya hidup anda remaja jaman sekarang, dia sering kali mengalami stress dengan pelajaran disekolah, dengan tugasnya dirumah apalagi kalau ditambah dengan les mata pelajaran di bimbel lain.

Parahanya lagi banyak sekali remaja yang hobi dengan minuman berakohol, padahal didalam minuman tersebut mengandung sebuah kolesterol jahat yang menjadi pemicu utama tekanan darah bisa naik. Kolestrol yang menumpuk terllau banyak sangatlah berbahaya untuk tubuh, maka dari itu harus segera dikeluarkan dengan obat kolesterol atau dengan cara yang lainya.

Mengalami stress, hobi minum alkohol akan diperparah lagi apabila si remaja tidak suka dengan olahraga. Racun dan zat berbahaya lain yang berada didalam tubuh akan lebih mudah dikeluarkan melalui keringat yang dihasilkan dari olahraga tadi. Nah jadi memang betul apa yang dikatakan oleh Jason Alexander, bahwa dia tak merasa heran apabila remaja jaman sekarang banyak yang mengalami hipertensi.

Tips Sehat Terbebas Dari Darah Tinggi Di Usia Remaja

Sebagai orang tua kita semuanya pastinya tidak akan mau apabila anak yang disayangi bermasalah dengan tekanan darah, gunakan prinsip " lebih baik mencegah dari pada mengobati " untuk menghindarakan anak - anak dari masalah tekanan darah. Simak sedikit info dari saya mengenai cara menghindari tekanan darah tinggi yang sudah terbukti secara medis.

  1. Rajinlah melakukan olahraga
  2. Jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman kopi
  3. Kurangi makanan yang mengandung kolestrol dalam jumlah tinggi
  4. Hindari minuman berakohol
  5. Hindari stress
  6. Jangan melakukan diet yang berlebihan

Mengobati Darah Tinggi Secara Alami

Untuk siapa saja yang saat ini tekanan darahnya sedang naik, tips yang ini bisa anda gunakan untuk menormalkan kembali tekanan darah anda. Cara ini cocok untuk dilakukan oleh segala usia, jadi tidak hanya untuk usia remaja atau usia tua saja.

Gunakan Akar Manis

Di Indonesia akar manis sudah sangat terkenal sebagi obat darah tinggi alami yang mujarab, bahkan ilmuwan dunia juga. Akar manis sendiri mengandung Glisirhisin, Umbeliferona, Saponin, Glukosa, Asparagin, dll. Penyakit batuk dan tukak lambung juga bisa disembuhkan dengan akar manis.

Buah Jeruk
Karena kaya akan vitamin C dan sedikit rasanya yang kecut, buah jeruk alternatif yang bagus untuk menurunkan tekanan darah anda. Selain itu buah jeruk juga bisa untuk mengobati bibir pecah - pecah dan mengobati sariawan

Mengkudu
Dibalik rasanya yang aneh ternyata mengkudu termasuk buah yang mempunyai nutrisi lengkap. Zat nutrisi yang ada didalam mengkudu diantaranya adalah protein, vitamin dan juga mineral, selengkapnya baca disini.

Itulah sedikit informasi dari saya mengenai Remaja yang terkena darah tinggi. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kita semua lebih mawas diri menjaga kesehatan dan tekanan darah tetap normal. Trimakasih sudah membaca artikel dari saya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman anda dan jejaring sosial anda.

No comments:

Post a Comment

Dari Redaksi

Semua artikel yang ada di isengnulis.id diambil dari beberapa sumber terpercaya dan artikel tersebut telah kami ubah kalimat dan tatanan bahasa sesuai aturan kami. Ada juga beberapa artikel yang ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi penulis.

Kerjasama

Apabila ingin produk atau lapak online anda kami review di blog ini, silahkan hubungi kami melalui kontak kami. Pasang iklan banner 300x300 atau 720x90 juga bisa di blog ini.