Hati - hati Bayi Anda Rawan Terkena Hernia



Penyakit hernia bila ingin menyerang manusia tak memandang umur dan jenis kelamin, setiap manusia yang mempunyai potensi untuk terkena hernia pasti akan mengalami hernia, termasuk bayi. Pada artikel ini akan kami fokuskan membahas balita yang rawan terkena hernia.

Hernia Umbilikalis merupakan suatu tonjolan tak normal yang bisa dilihat secara kasat mata pada bagian pusar. Penyakit ini akan muncul disaat sebagian bagian usus serta palisan perut menonjol keluar yang melalui otot dinding, karena sebab itulah akan terlihat sebuah tonjolan yang berada dibawah pusar.

Hernia Umbilikalis di masyarakat indonesia dikenal dengan istilah udel bodong, dimanana julukan tersebut menggambarkan pusar yang menonjol keluar. Persentasi balita di Indonesia yang terkena penyakit ini berkisar 10 hingga 20%, balita berjenis kelamin laki - laki ataupun perempuan tingkat kemungkinan terkena Hernia Umbilikalis sama besarnya.

Penyebab Bayi Terkena Hernia Umbilikalis

Ketika janin sedang berkembang didalam rahim sang ibu, terdapat lubang berukuran kecil pada otot perut yang menyebabkan tali pusar janin bisa melewatinya, lubang tersebut mnejadi penghubung oksigem serta zat makanan dari ibu ke janin tersebut. Disaat bayi tumbuh setelah ia dilahirkan, lubang pada otot perut tersebut akan tertutp dengan sendirinya, setelah ia berusia satu tahun lubang tersebut akan tertutup dengan sempurna. Akan tetapi adakalanya lubang itu tdk tertutup secara sempurna sehingga isi usus pada balita dapat menonjol keluar melalui lubang itu.

Tanda Serta Gejala Hernia Umbilikalis

Hernia Umbilikalis yang terdapat pada bayi akan tampak seperti tonjolan atau bahkan bengkak pada bagian pusar yang menyebabkan ukuran pusar tersebut tampak lebih besar serta panjang. Tonjolan tersebut akan semakin terlihat disaat bayi sedang menangis dan bisa saja akan hilang ketika bayi berhenti menangis. Kalu benjolan menghilang apakah bayi sudah terbebas dari hernia ?? Tentu saja jawabanya belum, karena yang hilang hanya benjolanya bukan penyakitnya.

Cara Mengobati Hernia Umbilikalis

Penyakit tersebut pada umumnya akan menutup dengan sendirinya hingga usia 3 atau 4 tahun. Namun sebaiknya pada usia penyembuhan, sebaiknya bayi anda menggunakan celana hernia yang khusus untuk bayi. Celana tersebut mengandung magnet kecil yang mampu mendorong benjolan masuk kedalam dan lubang tertutup. Selama menggunakan celana ini, bayi tidak akan merasakan sakit sedikitpun.

Cara Menyembuhkan hernia yang kedua ialah dengan cara menggunakan sebuah produk obat hernia terpercaya, untuk mendapatkan obat yang pas sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak yang telah anda percaya.

Demikian sedikit artikel dari kami mengenai Balita yang Terkena hernia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.

1 comment:

  1. What!! bayi bisa terkena hernia?? baru tahu informasi ini. Tidak menyangka kalau bayi bisa terkena penyakit hernia, apakah ada turunan dari orang tuannya yah?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.