Mengeluarkan Keringat Secara Berlebihan ?? Inilah Penyebabnya



Pernahkah Anda mengalami kondisi ketika tubuh Anda sudah basah seluruhnya oleh keringat sedangkan teman di samping masih terlihat kering ?? Keringat berlebih memang adalah masalah yang sering terjadi pada seseorang. Setiap orang memiliki proses dan jumlah keringat yang berbeda-beda tergantung dengan cara kerja tubuhnya.

Tetapi pertama perlu Anda pahami dulu apa penyebab seseorang berkeringat. Dilansir dari Mental Floss, David M. Pariser, seorang dermatolog mengatakan bahwa berkeringat adalah proses yang terjadi untuk mendinginkan tubuh. Ketika tubuh seseorang menjadi terlalu panas, sistem saraf di tubuh merangsang kelenjar keringat sehingga terjadi persipirasi atau proses melepaskan cairan dari tubuh. Air yang keluar ini lah yang menurunkan suhu tubuh dan membuatnya menjadi dingin.

Jumlah keringat yang dikeluarkan oleh seseorang bervariasi tergantung dengan besar tubuhnya. Seseorang dengan badan lebih besar cenderung untuk memiliki keringat dalam jumlah yang lebih besar juga. Jika Anda merasa terlalu sering berkeringat janganlah takut. Dijelaskan oleh Pariser bahwa semua orang sebenarnya selalu berkeringat setiap waktu, hanya saja baru benar-benar tampak dan disadari ketika berolahraga, kepanasan, tertekan, atau berada di kondisi yang tidak nyaman.

Tetapi dalam beberapa kondisi bisa jadi Anda menderita sebuah penyakit yang bernama hyperhidrosis yaitu kondisi yang membuat Anda selalu berkeringat setiap waktu. Terdapat dua jenis dari penyakit ini yaitu focal hyperhidrosis yang disebabkan oleh kondisi genetis serta hanya muncul di bagian tubuh tertentu saja. Sedangkan jenis hyperhidrosis yang kedua muncul karena efek samping dari penyakit lain.

Selain karena penyakit dan berat badan, keringat berlebih juga dapat muncul ketika tubuh Anda dalam kondisi yang sedikit sakit terutama demam. Ketika beraktivitas dalam kondisi demam, keringat akan keluar untuk membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin dan kembali normal.

Jadi terdapat tiga penyebab keringat berlebih dari diri Anda yaitu karena kondisi fisik dan mental yang tidak nyaman, proporsi tubuh, serta karena hyperhidrosis. Tidak usah khawatir, penyakit hyperhidrosis ini hanya terjadi pada sebagian kecil manusia saja. Tetapi ada baiknya jika Anda merasa memiliki keringat berlebih, konsultasi lah dengan dokter.

No comments:

Powered by Blogger.