Tips Menjaga Kesehatan Jantung


Kesehatan jantung sangat penting untuk anda perhatikan mengingat penyakit jantung dapat menjadi ‘silent killer’ bagi siapa saja yang menderitanya. Beberapa orang dengan kondisi yang sehat terkadang ditemukan telah menderita masalah kesehatan jantung yang akut. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, mulailah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan untuk anda yang terkena serangan jantung segera konsumsi obat sakit jantung yang anda percaya.

Berikut adalah menjaga kesehatan jantung melalui gaya hidup sehat yang dapat anda lakukan:

1. Jangan Merokok
Merokok adalah salah satu faktor risiko yang paling tinggi untuk meningkatkan resiko patogen jantung. Kandungan bahan kimia di dalam tembakau dapat mengaggu kesehatan tubuh jantung dan juga pembuluh darah, sehingga memicu penyempitan pembuluh darah atau lebih dikenal aterosklerosis. Aterosklerosis sangat berperan dalam menyebabkan serangan jantung. Bila anda ingin mencegah penyaki jantung tidak ada merokok yang aman, meskipun beberapa orang mengatakan bahwa tembakau tanpa asap dan tar rendah dan juga rokok rendah nikotin juga yang berisiko mengurangi resiko.

Hal ini salah besar karena kandungan bahan kimia yang berbahaya justru membuat kesehatan jantung anda berbahaya, seperti halnya aja terjadi paparan asap sigaret. Selain itu, nikotin dalam asap rokok yang membuat jantung Anda bekerja kian ekstra dengan mempersempit tenggorokan darah, meningkatkan denyut pusat dan tekanan darah. Karbon monoksida dalam asap rokok juga menggantikan beberapa oksigen dalam darah Anda. Sesuatu ini meningkatkan tekanan darah Anda dengan memaksa dalaman bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup. Kabar baiknya bagi kamu yang berhenti merokok walaupun telah merokok bertahun tahun akan mengakibatan menurunnya resiko penyakit jantung yang secara dramatis. Hal ini bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung pasca berhenti merokok dengan segera.

2. Latihan selama 30 menit setiap hari dalam seminggu
Latihan sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung fatal. Sehingga anda dapat menggabungkan aktivitas fisik anda secara gaya hidup lainnya yang saling mendukung, seperti menjaga berat badan yang ideal. Cobalah membiasakan 30 sampai 60 menit aktivitas fisik yang cukup intens setiap hari dalam seminggu. Kegiatan seperti berkebun, rumah tangga, naik tangga dan berjalan semua hitungan terhadap total latihan Anda. Dalam mendapatkan manfaat latihan anda harus memperhatikan intensifitas frekusensi dan juga durasi. Bagi anda yang terlalu memporsir olahraga juga
tidak baik karena dapat memproduksi lelah dan menggagu aktivitas anda.

3. Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung
Makan diet khusus yang disebut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) adalah pola makan yang membantu melindungi jantung Anda. Setelah diet DASH berarti makan santapan yang rendah lemak, kolesterol dan garam. Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak, yang dapat membantu menyimpan jantung Anda. Kacang, sumber rendah lemak protein lain dan jenis ikan tertentu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menjaga berat badan yang sehat
Salah satu cara untuk melihat apakah berat badan Kamu sehat adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (BMI), yaitu pertimbangan tinggi badan dan berat badan dikau dalam menentukan berat awak yang ideal begitupun beserta lemak tubuh yang dimiliki yang beresiko menimbulkan kolestrol pemicu penyakit jantung. Pada kasus penderita kelebihan repot badan dengan indeks BMI lebih dari 25 dikaitkan dengan lemak di dalam resam yang lebih tinggi, hipertensi, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Bahkan berat badan kecil siap bermanfaat. Mengurangi berat badan Anda dengan hanya 10 persen dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi akibat diabetes.

5. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin
Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Tapi tanpa pengujian untuk hal tersebut, Dikau mungkin tidak akan tahu apakah Anda memiliki kondisi ini. Skrining rutin dapat memberitahu kesehatan anda. Berikut beberapa kesehatan tubuh yang harus anda perhatikan seperti tekanan darah. Orang dewasa harus memiliki tuntutan darah mereka diperiksa setidaknya setiap dua tahun. Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih rutin jika mengalami berat badan yang lebih. Selain itu adalah interogasi Kadar kolesterol dan juga Skrining diabetes. Karena diabetes merupakan faktor risiko untuk mengembangkan penyakit jantung, Kamu mungkin ingin mempertimbangkan yang diskrining untuk diabetes.

Sekiranya hanya itu saja yang dapat saya share mengenai Tips Menjaga Kesehatan Jantung, nantikan artikel menarik lainya yang akan saya posting di blog saya ini.

No comments:

Powered by Blogger.